Minggu, 17 Juli 2016

Aku dan Ramadhan

Mengingat Ramadhan, tentu saja berbeda dari saat saya masih bocah hingga menjadi mahasiswa sekarang, mengapa? karena seakan bertambahnya umur, kita juga harus merubah perilaku dan berubah cara menjalankan sesuatu.
Saat saya balita, saya ingat dulu saya tidak puasa dan mencoba menjalankan puasa setengah hari kalau kuat itu juga karena tidak terlalu ingat, tetapi saya masih terbayang flashback kalau dulu sering dibawa ibu saya untuk membeli takjil dirumah ke pasar .
Saat saya sd, saya mulai mengenal bagaimana cara berpuasa, meskipun tidak tamat 30hari full tetapi saya bisa menyelesaikan setengah bulan minimal, dulu saat saya sd, saya sering sekali ngebuburit bermain ke komplek belakang dan bertemu dengan teman teman saya untuk bermain layangan, main ps dan menonton dvd yang seram saat puasa . Saya juga sering setelah buka langsung ke mesjid yang sudah janjian dengan teman teman saya di hari sebelumnya (maklum belum zaman gadget) bermain ke mesjid dulu malah mencari bermain petasanya bukanya ibadah hahaha, sering sekali dulu dimarahi oleh pak ustad karena bermain petasan cabe terlalu dekat dengan mesjid . Daaann, saya bete karena selalu disuruh mengisi buku ceramah ramadhan, tetapi selalu full karena saya teraweh setiap hari karena banyak teman, dan diramadhan saat sd saya mulai mengenal thr meskipun tidak terlalu banyak karena kebutuhan uang saya dulu kecil, hanya membeli layangan, gelasan, yoyo, dan gangsing . Saya bersyukur karena kenikmatan yang Allah berikan ramadhan saat saya sd sangat mengesankan
Saat saya beranjak smp, ramadhan bagi saya tidak terlalu mengesankan karena teman teman saya saat sd sudah mulai berkurang, buku ramadhan juga tidak banyak terisi,karena saya lebih memilih taraweh dirumah dengan ayah dan bermain playstation sesudahnya, ramadhan kali ini juga saya tidak banyak keluar rumah, banyak berdiam bermain dirumah dengan sodara saya yang selalu ikut menginap. dan puasa saya saat smp ini selalu full tamat 30 hari.
Saat saya sudah sma.  disini saya benar benar diuji saat puasa, karena saat sma ini bisa dibilamg berkesan maupun tidak, karena disaat bulan ramadhan ini saya mengenal dengan cinta pertama saya saat mengantarkan dia beres buka bersama di sekolah, banyak teman teman saya yang mengajak buka duluan tetapi saya harus menolak dan itu berat sekali hahaha . Saat sma ini adalah saat saat dimana saya sering buka bersama diluar dengan teman teman, dan jarang teraweh . Saat lebaran adalah momen yang sangat ditunggu karena anak sma berkebutuhan banyak berfinancial minim hahaha
Saat saya sekarang menjadi mahasiswa saat puasa adalah hal terberat, karena kita harus bisa menjalankan aktivitas saat berpuasa, dan itu sangat melelahkan tetapi kewajiban harus dijalankan kedua duanya . karena bulan puasa adalah bulan penuh berkah, dan hari kemenangan thr saya masih mendapatkan karena belum bekerja
Sekian cerita perbedaan bulan Ramadhan saya dari waktu ke waktu
-terimakasih-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar